RSS

Peralatan Yang Harus Dimiliki Oleh Perajin Mebel

Peralatan apa sajakah yang harus dimiliki oleh tukang kayu?dalam dunia mebel keberadaan alat-alat pertukangan yang memadai sangatlah penting. Sebab keberadaan peralatan yang memadai ini akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi proses produksi yakni bisa lebih menghemat waktu dan biaya. Apalagi,mahir dan trampil dalam menggunakan alat-alat pertukangan tersebut.

Ada beberapa alat yang harus dipunyai oleh setiap pengrajin,karena alat ini sangat dominan dalam membantu kelancaran tukang kayu.alat alat tersebut adalah :

Bandsaw atau masyarakat jepara lebih sering menyebutnya bengkok,alat ini bisa dianggap penting tapi juga bisa tidak. Maksudnya, bagi industri permebelan yang bahan bakunya sudah berupa lembaran atau sirap, keberadaan alat ini tidak penting. Tetapi jika persediaan bahan baku masih berupa kayu gelondong atau kayu log, keberadaan alat ini sangat penting sebab bandsaw adalah gergaji serkel yang ukurannya besar, fungsinya untuk menggergaji kayu gelondong menjadi sirap atau lembaran.alat ini juga bisa digunakan untuk membuat bentuk lengkungan berkelok kelok.

Mesin serut atau mesin plener,Keberadaan mesin ini mutlak harus ada, mesin ini berfungsi untuk meratakan bidang kayu sebelum dibentuk,dan kayu menjadi lebih halus setelah terproses oleh alat ini.

Mesin profil,mesin ini sering dibutuhkan untuk pembuatan variasi profilan pada kayu,misalnya model garis cekung atau untuk membuat lubang kecil pada kayu.

Mesin gergaji,mesin gergaji ini sangat menjadi peranan penting dalam pertukangan kayu,sebab dalam pertukangan tidak akan lepas dengan alat yang satu ini.alat ini harus wajib dipunyai oleh setiap perajin kayu.


Peralatan Yang Harus Dimiliki Oleh Perajin Mebel

Mesin bor,berfungsi untuk mengebor kayu,dan secara otomatis alat bor ini sangat membantu sekali untuk melubangi kayu,atau bisa juga dimanfaatkan sebagai pendorong sekrup.

Sebenarnya selain alat-alat pertukangan yang sudah disebutkan di atas itu, sebenarnya masih ada peralatan lain yang biasa digunakan dalam industri permebelan, tapi peralatan di atas sudah cukup atau alat standar yang harus ada dalam industri permebelan agar proses produksinya bisa lebih lancar dan lebih efisien terhadap waktu dan biaya juga tentunya.semakin lengkap alat yang dipunyai,maka semakin cepat dan mudah untuk memproses sebuah produk mebel.