RSS

Memahami Lebih Dekat,Apa Itu Melamine?

Melamine adalah bahan berupa cairan yang digunakan untuk proses ahir pada sebuah produk mebel agar menjadikanya lebih merata,halus,mengkilap,awet dan terlindungi,sehingga akan memberikan kesan yang lebih elegan dan berkwalitas.tentunya semua itu harus menggunakan metode dan juga insting yang tepat.
Jika kita meninjau lebih dalam tentang finishing warna pada mebel,Sebenarnya ada banyak sekali jenis bahan finishing yang bisa digunakan untuk finishing furniture agar tampilannya lebih mengkilat,indah dan bersih, seperti halnya plitur,mowilex,duco,teak oil,melamine dll. Akan tetapi, dari sekian banyaknya jenis bahan finishing itu, melamine merupakan jenis finishing yang menggunakan teknologi terbaru alias lebih modern. Selain itu, melamine juga tergolong jenis bahan finishing yang cukup banyak digunakan oleh para industri mebel untuk finishing produknya.
mengapa melamine lebih banyak digunakan dari pada bahan yang lainya?Alasannya sederhana sekali,Sebab finishing berbahan melamine memiliki beberapa kelebihan yang tidak terdapat pada jenis bahan finishing lainnya. Kelebihan finishing melamine itu terletak pada hasil akhir sebuah produk yang didapat. Hasil akhir yang didapat pada furniture yang difinishing menggunakan bahan melamine memang terbukti lebih bagus dan lebih halus jika dibandingkan dengan memakai jenis bahan finishing yang lainnya.
Selain itu, keawetan warna pada furniture yang difinishing dengan menggunakan melamine juga terbukti lebih tahan lama,tidak cepat pudar dan lebih tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca.maka dari itu sudah pasti banyak yang menggunakan bahan melamine untuk finishing warna pada sebuah produk mebel.
Memahami Lebih Dekat,Apa Itu Melamine?

jika diatas telah diterangkan tentang beberapa kelebihan finishing menggunakan melamine,sekarang mari kita bahas tentang kekurangannya.apakah ada kekerangan dari melamine?Tentu ada, sebab pada dasarnya segala sesuatu pasti tidak ada yang sempurna 100% alias ada kelebihan dan juga pasti ada kekurangannya pula.
nah,sekarang apa saja kelemahan finishing menggunakan bahan melamine?Kelemahan finishing melamine yang pertama adalah proses pengerjaannya yang tergolong cukup lama,makanya bila kita memakai bahan melamine pasti dibantu dengan pengering.Hal ini akan terasa jika dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan pada proses finishing menggunakan bahan lainnya seperti plitur ataupun teak oil yang cukup dikuaskan saja.namun sekarang ada behan melamine yang lumayan cepat kering,yaitu melamine jenis NC yang tidak perlu menggunakan bantuan pengering lagi.
Sedangkan kelemahan finishing melamine yang kedua adalah kurang tahannya jenis bahan finishing ini terhadap keretakan.Maksudnya, finishing melamine ini biasanya mudah retak terutama pada sambungan atau ketika furniture yang difinishing menggunakan melamine ini terkena hawa panas yang agak tinggi setelah proses penyemprotan atau bisa dikatakan ketika masih basah dan belum benar benar kering dalam ruangan.

Maka dari itu sebelum menggunakan bahan melamine ini hendaknya kita sudah tau bagaimana cara mengaplikasikanya,sehingga nantinya barang yang kita dandani mempunyai kwalitas yang bagus,jangan malah asal asalan menggunakannya dengan minimnya praktek teori yang kita ketahui.