RSS

Saudara Kembar Kayu Jati Yang Lebih Murah

Taukah anda bila ada satu jenis kayu yang menyerupai kayu jati dan hampir sulit dibedakan.Meskipun secara kasat mata,warna kayu jati dan kayu akasia memiliki kemiripan yang cukup sulit dibedakan,tetapi bukan berarti antara kedua jenis kayu tersebut tidak bisa dibedakan kan?Sebab antara kayu jati dan kayu akasia pada dasarnya memang dua jenis kayu yang berbeda,pasti ada perbedaan mendasar pada kedua jenis kayu tersebut sehingga bisa diidentifikasi dan dikenali.bisa di bilang kalau akasia adalah saudara kembar kayu jati yang lebih murah.ada beberapa cara untuk membedakan kedua jenis kayu yang bermiripan ini :

  • Ditinjau dari segi warna kayu : meskipun antara kayu jati dan kayu akasia memiliki warna yang sama yakni berwarna coklat,tetapi sebenarnya warna kayu akasia sedikit lebih mencolok atau sedikit lebih gelap dari pada warna kayu jati.Apalagi jika kayu akasia ini sudah diproses menjadi papan dan dijemur atau dikeringkan,perbedaannya akan semakin terlihat. Dalam kondisi seperti ini,biasanya warna bagian teras pada kayu akasia lebih coklat atau lebih gelap ketimbang warna bagian teras pada kayu jati.
  • Ditinjau dari segi berat kayu : dengan ukuran panjang,lebar dan tebal serta tingkat kekeringan yang sama, kayu jati lebih berat dari pada kayuakasia.kayu akasia cenderung memiliki bobot yang lebih ringan.
  • Ditinjau dari segi pori pori kayu : kayu jati memiliki pori pori lebih lembut atau lebih kecil dari pada kayu akasia,sehingga  permukaan kayu pada kayu jati lebih terasa halus dari pada kayu akasialubang pori pori kayu akasia terbilang lebih besar daripada pori pori kayu jati. 
  • Ditinjau dari segi aroma atau bau kayu : kayu akasia memiliki aroma atau bau yang kurang sedap.sedangkan kayu jati tidak,kayujati memiliki aroma yang khas,jika anda tau aroma kayu jati,pasti mudah membedakan antara kayu jati dan kayu akasia.
    Saudara Kembar Kayu Jati Yang Lebih Murah
  • Ditinjau dari segi kekerasan kayu : tidak diragukan lagi kalau kayu jati sangat berteksture keras,beda halnya dengan kayu akasia yang lebih lunak dan tidak begitu keras.
  • Ditinjau dari segi keawetan kayu : tingkat keawetan kayu jati lebih baik dari pada kayu akasia,sehingga kayu jati lebih tahan lama dari pada kayu akasia.
  • Ditinjau dari segi harga kayu : Harga perkubik kayu jati lebih mahal dari pada harga kayu akasia,sehingga barang yang terbuat dari kayu jati lebih mahal dari pada barang yang terbuat dari kayu akasia.produk dari kayu akasia lebih murah meriah.



ketika anda memutuskan untuk berbelanja atau membeli furniture kayu,anda bisa lebih jeli lagi untuk membedakan mebel dari kayu jati dan mebel dari kayu akasia,karena kedua kayu ini mempunyai kemiripan yang agak sulit dibedakan jika tidak teliti.jangan sampai anda salah memilih produk mebel akasia dengan harga produk mebel jati.