RSS

Sistem Furniture Knockdown

Jika kita membeli sebuah produk furniture semisal lemari,mungkin kita sirng mendengar istlah knockdown.furniture knockdown itu apa?mungkin pertanyaan seperti inilah yang sering ditanyakan dari para calon customer furniture.kesimpulannya adalah bahwa ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa dan seperti apa furniture knockdown itu?

apa sih istilah furniture knockdown itu?Sebenarnya, furniture knockdown adalah sebuah kontruksi pada produk mebel yang dalam pembuatannya menggunakan sistem bongkar pasang,dalam artian konstruksi tidak pemanen seperti dipaku dan di lem secara paten,tetapi bisa dipasang dan di bongkar dengan mudah. Atau cara gampangnya, furniture knockdown dapat diartikan sebagai furniture yang bisa dibongkar pasang (dibongkar lalu dirakit kembali). Jadi kekuatan pada furniture knockdown sebagian besar berasal dari baut atau sekrup yang digunakan untuk merekatkan komponen-komponen antar bagian, sebab dalam konstruksi ini tidak menggunakan lem sama sekali pada sambungan antar komponennya.begitulah kira kiranya dari artian istilah knockdown itu.

pertanyaanya sekarang,apakah konstruksi pada system knockdown ini kuat dan kokoh,sedangkan realitantya tidak memakai lem sama sekali?Jawabannya adalah relative !.Maksudnya, jika dalam proses pembuatannya betul-betul memperhitungkan sisi kekuatan konstruksi secara detail,dan dikerjakan oleh para ahlinya,mungkin furniture knockdown tersebut akan kuat atau kokoh. Tapi jika dalam proses pembuatannya hanya asal asalan dan ambil gampangnya saja, sudah pasti furniture knockdown yang dibuat itu akan bermasalah dan gampang rusak.


Pada dasarnya,hampir semua jenis dari furniture bisa dibuat dengan menggunakan sistem knockdown.mulai dari Lemari,kursi,kitchen set,meja, dipan (tempat tidur),bale bale dan jenis furniture yang lainnya.Tetapi jenis furniture yang sering dibuat dengan sistem knockdown ini biasanya adalah jenis furniture yang cenderung memiliki ukuran besar dan sulit dipindahkan.

Proses pembuatan antara furniture paten ataupun furniture knockdown, secara garis besar memang tidak jauh beda. Tapi, dalam prakteknya, proses pembuatan furniture dengan sistem bongkar pasang ini memang membutuhkan kejelian, perhitungan ukuran dan ketelatenan yang lebih ekstra daripada membuat furniture dengan sistem konstruksi paten. Bahkan, faktanya tidak sembarang tukang kayu(pengrajin) dapat membuat jenis furniture dengan sistem knockdown ini, harus tukang yang memang benar-benar mahir, berpengalaman dan telaten jika ingin furniture knockdown yang dibuat bisa sesuai dengan harapan dan berkwalitas.
Sistem Furniture Knockdown


Sesuai dengan pengertian furniture knockdown di atas (bisa dibongkar dan dipasang kembali), jelas sekali jika furniture knockdown sangat cocok sekali untuk mengisi tempat-tempat atau ruang-ruang yang sulit dijangkau, salah satunya seperti ruangan yang berada di tingkat atas (untuk rumah yang bertingkat), sebab hal ini akan sangat memudahkan anda,karena bila menggunakan system paten akan terasa sulit dan berat untuk memindahkanya.