RSS

Tips Merawat Mebel Sampai Diwarisi Cucu

furniture antik yang kita miliki tidak harus berusia puluhan tahun atau ratusan tahun, tetapi bisa juga hasil reproduksi dengan gaya dan bentuk furniture pada suatu era atau memang produksi baru yang tetap mempertahankan keaslian desain. Tetapi untuk perawatan sama saja. Mebel jati antik tetap dapat kinclong setelah bertahun-tahun kita miliki apabila dirawat dengan baik. Mebel Furniture harus mendapatkan penanganan tepat agar tetap awet dan elegan.
Tips Merawat Mebel Sampai Diwarisi Cucu

berikut beberapa tips untuk menjaga mebel kita agar tetap baik dan awet :
1.   Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak diatas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik secara perlahan.
2.  Tempatkanlah furniture antik ditempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat mebel terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
3. bersihkan sela-sela ukiran atau sudut mebel jati atau teak furniture dengan menggunakan kuas halus  berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.
4.  Gunakan pledge untuk membersihkan permukaan furniture.Semprotkan pledge kepermukaan mebel dan sela-sela mebel kayu. Semprotkan seperlunya, jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan ditoko furniture atau di pasaran.
5.   Permukaan furniture yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan dengan kain ball. Kemudian dibiarkan kering. Kain ball bisa dibeli ditoko material.
6.  Bersihkan furniture antik dengan cara diatas paling tidak satu bulan sekali.dan untuk membersihkan Wood Furniture harian,cukup sapu permukaan mebel atau meja kayu dengan kemoceng secara rata.
7.   Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati misalnya, cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang dari bagian lengan atau sandarannya saja. karena anda tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
Dengan melakukan perawatan diatas secara rutin.dijamin furniture anda baik yang minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa sehingga menjadi perabot warisan keluarga.
demikian artikel saya tentang tips merawat mebel.semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.
jangan lupa like dan share yaa.trimakasih