RSS

Inspirasi Kreative Taman Gantung Minimalis

Taman gantung adalah solusi bagi yang menginginkan taman di halaman rumah yang sempit atau relatif tidak terdapat ruang untuk membangun taman. Sesuai namanya, taman gantung minimalis ini dibangun dengan cara digantung di dinding. Caranya mudah, siapkan saja media tanam berukuran kecil kemudian gantung di dinding. Apabila tanaman dalam media tanam telah tumbuh, dapat dipindahkan ke tanah atau media tanam lain yang lebih besar.
  1. Cara membuat taman gantung yang pertama adalah dengan menggunakan kaleng bekas susu. Lepaskan label susu yang terdapat di bagian depan kaleng, lalu isi dengan tanah, pupuk serta bibit tanaman. Tempatkan di dinding dengan cara digantung atau dipaku pada dinding.
  2. Cara kedua ialah dengan menggunakan botol plastik bekas. Lubangi salah satu sisinya dan tempatkan melintang di dinding. Isi bagain dalam dengan tanah, pupuk serta bibit tanaman. Sama seperti taman gantung yang menggunakan kaleng, botol plastik ini bisa digantung ataupun dipaku ke dinding.
    Inspirasi Kreative Taman Gantung Minimalis
  3. Taman gantung minimalis juga bisa dibangun dengan menggunakan pot kecil yang digantung di dinding. Pot tanaman kecil ini diisi dengan tanah, pupuk serta bibit tanaman seperti tanaman bunga.
  4. Cara lain adalah dengan menggunakan rak khusus berisi bibit tanaman yang ditempatkan merapat dengan tembok. Atur pot kecil berisi bibit tanaman di dalam rak dan tempatkan di halaman.
  5. Taman gantung di dinding bisa dibuat dengan mudah menggunakan tanaman rambat yang lebat di dinding. Daun-daunnya yang berwarna hijau akan membentuk semacam dinding alami sehingga menimbulkan kesan asri serta sejuk.
Terdapat banyak variasi untuk taman gantung yang ditempatkan di luar rumah. Rumah minimalis bukan alasan untuk tidak membangun taman di halaman. Dengan sedikit kreativitas, kita juga dapat membangun taman walau ruangan yang tersedia relatif sempit serta terbatas. Manfaatkan barang-barang yang ada di sekitar kita sebagai media tanam ini. Demikian inspirasi taman gantung minimalis yang bisa diterapkan di halaman rumah minimalis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!